Kode JavaScript, CSS, HTML & Widget

Selamat datang di blog Tebas Gondangwetan Pasuruan. Berikut kumpulan kode JavaScript, CSS, HTML, Widget, Gadget, Tips Dan Trick yang bisa dipergunakan untuk desaign blog, baik blogger maupun wordpress. Namun, sebelum saya memaparkan aneka kode JavaScript, Widget, Gadget, CSS, HTML maupun tutorial, ada baiknya saya jelaskan dahulu tentang definisinya.
  • JavaScript adalah bahasa pemrograman khusus berbasis prototipe yang berjalan di sisi client untuk sebuah halaman web agar menjadi lebih dinamis. JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat Ajax.
  • CSS adalah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam. Dengan CSS kita  dapat mengendalikan ukuran gambar, warna body teks, warna tabel, ukuran border, warna border, warna hyperlink, warna mouse over, spasi antar paragraf, spasi antar teks, margin kiri/kanan/atas/bawah, dan parameter lainnya. Dengan adanya CSS memungkinkan kita untuk menampilkan halaman yang sama dengan format yang berbeda
  • HTML adalah sebuah jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh Web browser untuk mempresentasikan teks dan gambar. Di dalam teks tersebut terdapat tag markup seperti untuk menandakan awal dari sebuah paragraf, dan untuk menandakan akhir dari sebuah paragraf. Dokumen HTML sering disebut sebagai "halaman Web".
  • Widget adalah aplikasi web yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Diantara fungsinya, Misalnya, widget untuk jam, feed, logo, iklan, chatting dan sebagainya. Secara umum, widget dirancang dengan bahasa program html atau kode Java yang diinstal di dalam blog dengan cara memasang kode tersebut di dalam blog. 
  • Gadget adalah sebuah pernak-pernik khusus yang tujuannya mendukung tampilan, penggunaan dan lainnya dan di khususkan untuk Blogger. Contohnya : Gadget Follower, Follow by E-mail dan lainnya yang dalam artian gadget ini tidak ada pada CMS lain seperti wordpress, typepad, joomla dan lainnya.
  • Tutorial adalah panduan atau bimbingan belajar. 
Demikian penjelasan JavaScript, CSS, HTML, Widget, Gadget dan Tutorial. Untuk tips and trick tidak perlu saya jelaskan karena itu sudah umum. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda.