Cara Mengetahui Lailatul Qadar Bulan Ramadhan

Cara mengetahui Lailatul Qadar bulan Ramadhan. Cara ini adalah hasil penelitian para ulama' salaf dan bukanlah suatu ketetapan yang datang dari Nabi Muhammad SAW karena didalam sabda Nabi hanya ada anjuran agar mencari lailatul qadar pada 10 akhir bulan Ramadhan (yakni mulai tanggal 21 sampai 30). Penetapan tanggal turunnya lailatul qadar ini berangkat dari pengalaman para ulama' salaf yang berulangkali mendapati lailatul qadar pada tanggal-tanggal yang mereka sebutkan dalam karangannya. Ulama yang membicarakan tanggal turunnya lailatul qadar ini diantaranya Syaikh Abu Hasan As-syadili, Syaikh Ahmad Zaruq dan Imam Abu Hasan Al-haroni. Namun pada postingan kali ini akan dibahas tentang turunnya lailatul qadar mengikuti pendapat Al-Imam Al-Arif Billah Al-allamah Abu Hasan Al-Harani. Beliau berkata :
  1. Jika awal (tanggal 1) bulan Ramadhan bertepatan malam Ahad, maka lailatul qadar akan terjadi pada tanggal 29 Ramadhan (yang dimaksud tanggal disini adalah tanggal tahun Hijriah bukan Masehi)
  2. Jika awal bulan Ramadhan bertepatan malam Senin, maka lailatul qadar akan turun pada tanggal 21 Ramadhan
  3. Jika awal bulan Ramadhan bertepatan malam Selasa, maka lailatul qadar akan turun pada tanggal 24
  4. Jika awal Ramadhan bertepatan malam Rabu, maka lailatul qadar akan terjadi pada tanggal 20
  5. Jika awal Ramadhan bertepatan malam Kamis, maka lailatul qadar akan terjadi pada tanggal 25
  6. Jika awal Ramadhan bertepatan malam Jum'at, maka lailatul qadar akan terjadi pada tanggal 19
  7. Jika awal Ramadhan bertepatan malam Sabtu, maka lailatul qadar akan terjadi /turun pada tanggal 23 Ramadhan.
Demikian pendapat Imam Abu Hasan A-Harani tentang turunnya lailatul qadar sebagaimana yang tersebut dalam kitab Syamsul Ma'arif wa Lathaiful Awarif karangan Al-Imam Ahmad bin Albuni, juz II, hal. 532. Selanjutnya beralih ke pembahasan tanggal turunnya lailatul qadar menurut pendapat Abu Hasan As-syadzili. Silahkan masuk kesini. Semoga bermanfaat !